Nasional

Nasional

TP PKK Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kunjungi Desa Nanggung

Wednesday 21 August 2024

/ by Angkara News
Bogor, Angkaranews.com - Pemerintah Desa Nanggung Kecamatan Nanggung Menerima rombongan studi tiru TP PKK Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (21/08/2024).

Rombongan TP PKK Kecamatan Martapura ini terdiri dari 18 desa dan 7 kelurahan.  

Rombongan diterima hangat oleh Sekdis DPMD Kabupaten Bogor, Sekcam Nanggung, Apdesi Kecamatan Nanggung, Kepala Desa Nanggung bersama pengurus TP PKK Desa Nanggung serta perangkat Desa Nanggung di Aula Kantor Desa Nanggung. 

Studi tiru ini merupakan bagian dari kegiatan Badan Kerjasama Antara Desa (BKAD) Kecamatan Martapura, yang telah disusun sejak awal dalam rangka penguatan sumber daya manusia bagi pengurus TP PKK untuk mendukung penguatan kelembagaan tingkat desa. Sesuai amanah undang-undang desa, serta, arahan kementerian desa. 

"Ini menjadi pokok sekali karena salah satu amanah dalam undang-undang desa dan dari arahan Kementerian Desa. Saat ini, kita bukan lagi berkaitan bagaimana pengupayaan prasarana. Tetapi bagaimana mengupayakan penguatan sumber daya manusia baik aparat maupun kelembagaan-kelembaban yang ada di tingkat desa," ucap Ketua Tim Studi Tiru Kecamatan Martapura sekaligus Camat Martapura Fahrian Rahman kepada awak media. 

Desa Nanggung dipilih menjadi jujugan studi tiru karena dianggap mampu bangkit dengan cepat dari keterpurukan fasca Covid 19 melanda. 

"Locus kegiatannya memang hanya di Desa Nanggung ini. Karena, status Desa nanggung ini kan seperti tadi disampaikan merupakan desa yang dari awalnya terburuk setelah Covid dan lain-lain. Nah kami melihat ada motivasi dari pemerintah desa ini begitu kuat untuk mengembalikan marwah desa ini dari sisi pembangunan dan dengan cepat kembali. Nah dari situ, kami berpikir bahwa kami perlu belajar dari Nanggung bagaimana memotivasi masyarakat, kader dan lain-lainnya," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Nanggung M Sodik sangat berterimakasih atas dipercayanya Desa Nanggung menjadi tujuan studi tiru TP PKK Kecamatan Martapura. Menurutnya, secara substansial program TP PKK seluruh Indonesia sama. Namun, TP PKK Desa Nanggung bisa merubah dari konsumtif ke produktif. 

"Terima kasih telah menjadikan Desa Nanggung sebagai tujuan studi tiru. Kami harap silaturahmi ini pun menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi kita bersama," ungkap Kepala Desa Nanggung M Sodik. 

"TP PKK Desa Nanggung berupaya memberikan program yang mampu menjadi stimulan atau berkelanjutan guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Bisa merubah dari konsumtif ke produktif," ucapnya. 

Berkolaborasi dengan kelompok tani dan BUMDes, banyak  yang di lakukan oleh TP PKK Desa Nanggung sehingga menjadi nilai produktif. "Salah satu contoh kecil, bagaimana TP PKK Nanggung bekerjasama dengan kelompok tani mengolah kulit singkong menjadi kerupuk, yang penjualannya kita kerjasama dengan Bumdes Gerbang Emas milik kita," tukasnya. 


Laporan : Dipidi

No comments

Post a Comment

Don't Miss
Copyright © 2023 Angkara News