Nasional

Nasional

P3A Mitra Cai Bongas Realisasikan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi BBWS Ciliwung - Cisadane

Sunday 25 August 2024

/ by Angkara News
Bogor, Angkaranews.com – Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Mitra Cai Bongas yang berada di wilayah Desa Kalung Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor manfaatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS).

Program tersebut di sambut gembira oleh para Petani, dengan dibangunya jaringan irigasi tersier dengan anggaran senilai, Rp. 195.000.000, panjang 400m dan lebar 30cm di Cimapag Kampung Pasir Manggu RT 01 RW 02, Desa Kalongliud, untuk mengairi area persawahan mereka seluas 25 Hektar.

Ketua pembangunan P3A Mitra Cai bongas A. Sonik mengatakan, dibangunnya irigasi tersier untuk meningkatkan  kesejahteraan petani pemakai air dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Nantinya dapat berkontribusi pada ketahanan pangan warga petani,” ujar A. Sonik kepada Angkaranews, Minggu (25/08/2024).

Anggaran dari APBN yang dialokasikan kepada kelompok perkumpulan petani ini dapat memperlancar laju air ke pesawahan. Sistem pengerjaan bangunan P3A  dilandasi semangat kebersamaan  dengan cara pengerjaan secara swakelola.

“Kami berharap program tersebut terus berlanjut sehingga masyarakat petani bisa merasakan dampak positif terlebih bisa meningkatnya hasil panen yang didapat. Sejalan dengan meningkatkan program ketahanan pangan bahwa bangunan irigasi tersier  salah satu kebutuhan mendasar bagi warga petani,” tutup Ketua P3A Mitra Cai Bongas A. Sonik.

Sementara, Udin salah satu petani kepada angkaranews mengungkapkan kebahagiaanya dengan di bangun nya irigasi tersebut.

"Kami para petani disini mengucapkan banyak terimakasih kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane yang sudah Membantu melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi, yang Alhamdulillah pembangunan ini sudah rampung dikerjakan." Pungkasnya. (R-MAN)

No comments

Post a Comment

Don't Miss
Copyright © 2023 Angkara News