Nasional

Nasional

Keutamaan Memperingati Maulid Nabi ( oleh, ustadz, M.Yusri Affandi)

Tuesday 3 October 2023

/ by Angkara News


Jambi.angkaranews. Umat Islam di berbagai belahan dunia khususnya di Indonesia pada bulan maulid ini menggelar peringatan Maulid Nabi dengan berbagai cara dan bentuk. Merayakan Maulid Nabi SAW merupakan salah satu wujud rasa syukur seorang umat atas kelahiran beliau.

Berikut ini beberapa keutamaan memperingati maulid nabi menurut para ulama, sebagaimana dilansir laduni.id:

a. Imam As-Syafi’i berkata:

من جمع لمولد النبي صلى الله عليه وسلم إخوانا وهيأ طعاما وأخلى مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءته بعثه الله يوم القيامة مع الصادقين والشهداء والصالحين ويكون في جنات النعيم

"Barangsiapa mengumpulkan saudara-saudaranya untuk mengadakan Maulid Nabi, kemudian menyediakan makanan dan tempat serta melakukan kebaikan untuk mereka, dan dia menjadi sebab atas dibacakannya Maulid Nabi SAW, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama golongan shiddiqin (orang-orang yang benar), syuhada (orang-orang yang mati syahid), dan shalihin (orang-orang yang shaleh) dan dia akan dimasukkan ke dalam surga-surga Na’im"

b. Imam Sirri Saqathi berkata:

من قصد موضعا يقرأ فيه مولد النبي صلى الله عليه وسلم فقد قصد روضة من رياض الجنة لأنه ما قصد ذلك الموضع الا لمحبة النبي صلى الله عليه و سلم . وقد قال صلى الله عليه و سلم : من أحبني كان معي فى الجنة

"Barangsiapa pergi ke suatu tempat yang dibacakan di dalamnya maulid Nabi saw, maka sesungguhnya ia telah pergi ke sebuah taman dari taman-taman syurga, karena tidaklah ia menuju ke tempat-tempat tersebut melainkan karena cintanya kepada Nabi SAW. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di dalam surga"

والله أعلمُ بالـصـواب
Wallahu A'lam Bisshawab

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

No comments

Post a Comment

Don't Miss
Copyright © 2023 Angkara News