Nasional

Nasional

Safri : PJ Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga Selayaknya Mundur Dari Jabatannya Apabila Tidak Mampu pertahankan pemakaman bersejarah di Simpur .

Saturday 5 August 2023

/ by Angkara News


BM. Aceh. angkaranews.com - Beredar kabar Diduga oknum PT berantas akan memindahkan pemakaman bersejarah Di Dusun Linge Antara Desa Simpur Kecamatan Masidah. Berada pada lokasi pembangunan Bendungan Keureutoe Yang termasuk dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Bendungan yang berada di desa Simpur kecamatan Masidah Dusun Linge tersebut nantinya akan di resmikan oleh presiden Republik Indonesia Ir Jokowidodo.

Aktivis Aceh eksekutif wtch  Safriansyah yang akrab di sapa Safri  meminta PJ Bupati Bener Meriah Drs. Haili yoga untuk mempertahankan pemakaman bersejarah yang kami ketahui salah satunya ada makam keturunan Reje Linge  muyang datu ABD. RAHMAN DATU PANG KILET .  

"Yang kami ketahui memiliki ahli waris keturunan sampai saat ini  Dan ini adalah salah satu indentitas secara umum urang Gayo," ujar Safri 

Safri juga mengatakan bahwa PJ Bupati Bener Meriah adalah salah satu putra daerah dan besar harapan kami untuk mempertahankan pemakaman yang ada di lokasi tersebut sebut Safri

Safri menambahkan, tentang pelestarian benda cagar budaya merupakan hal yang penting berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki oleh benda cagar budaya dan sesuai dengan amanat dari Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 yang menyebutkan bahwa benda cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa yang penting.


"Artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan demi pemupukan kesadaran jatidiri bangsa dan kepentingan nasional untuk melestarikan cagar budaya, dan negara bertanggung jawab dalam pengaturan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya. Cagar budaya berupa benda, bangunan, struktur, situs, dan kawasan perlu dikelola oleh pemerintah dan pemerintah daerah dengan meningkatkan peran serta masyarakat untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan cagar budaya.dan seharusnya makam tersebut di jadikan situs sejarah karena tidak dapat di pungkiri bahwa sebelum negara ini merdeka, Linge antara telah di huni oleh para tokoh penyebar agama," ungkapnya.

Pemuda yang berasal dari Gayo tersebut Mengutuk keras segala tindakan yang merusak peninggalan sejarah  yang ada di gayo secara umum. 

" Saya menegaskan,  jika pj Bupati Bener Meriah tidak bisa mempertahankan dan tidak memperdulikan indentitas tersebut . Lebih baik pj bupati mundur saja dari jabatannya . Percuma saja  putra daerah," tutup Safriansyah.

Samsul/ team

No comments

Post a Comment

Don't Miss
Copyright © 2023 Angkara News