Nasional

Nasional

Dibuka PJ Bupati, Kemenag Bener Meriah Gelar Seminar Moderasi Beragama Bagi Guru PAI

Tuesday 15 August 2023

/ by Angkara News

Redelong. angkaranews Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan Institut Agama Islam Almuslim Aceh melaksanakan Seminar Penguatan Moderasi Beragama bagi Guru PAI Program Sarjana dan Magister di Aula Dinsos Bener Meriah. Selasa, 15/8/2023

Pj Bupati Bener Bener Meriah Drs Haili Yoga MSi, dalam pembukaan dan sambutannya mengungkapkan bahwa masih banyak yang malas membaca Alquran.

Oleh karena itu, Haili Yoga menekankan guru PAI untuk gemar membaca Al-Qur'an, dan mengimplementasikannya kepada anak didik di sekolah.

"Wajibkan semua anak anak mengaji, kemudian baru belajar, karena dengan kita biasakan membaca Alquran di sekolah/Madrasah, maka anak murid menjadi rajin membaca AlQuran di rumah," ujarnya.

Ia juga mengingatkan para Guru PAI untuk tidak hanya hadir dalam seminar, tetapi dapat mengimplementasikan dari hasil seminar tersebut kepada anak didik.

"Jangan ada lagi sekolah dan madrasah yang tidak membaca Alquran setiap harinya. Dan kita semua harus gemar membaca Alquran dan shalat berjamaah," pungkasnya.


Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah H Wahdi MS MA, dalam laporan dan sambutannya menyampaikan, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Bener Meriah berjumlah 389 orang.

"Bahwa mereka ini tidak ada anak kandung dan anak sambung, dan siap mendukung program PJ Bupati Bener Meriah," ujar Wahdi.

Wahdi mengatakan, bahwa pentingnya moderasi beragama bagi guru PAI, dikarenakan guru agama adalah guru yang menanamkan pentingnya nilai-nilai agama untuk saling menghormati dan toleransi.

Kakankankemenag Wahdi menjelaskan, Moderasi dalam bahasa Arab dikenal dengan kata wasath atau wasathiyah, yang memiliki padanan makna dengan kata tawassuth (tengah-­tengah), dan moderasi adalah sikap dan pandangan yang tidak berlebihan, tidak ekstrem dan tidak radikal.

"Semoga dengan seminar hari ini, kita semua dapat paham dan mengerti tentang moderasi beragama, dan dapat menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Hadir Mewakili Kanwil Kemenag Aceh Dr Thaharuddin MA, Mewakili Rektor IAI Al-Muslim Direktur Pasca Sarjana IAI Almuslim Dr Dhiauddin MPd, Ketua JProdi PAI SI Diana MA, Ketua Prodi PAI S2 Dr. Saifuddin, MA Armansyah SE MSi, Kadis Pendidikan Ruh Akbar SH MM, Kadis Dinsyar Taslim SAg MSos, Kacabdin Sukardi MPd, Kasi Pendis Hj Mariani MPd, Ketua AGPAI Marsono SPdI, Pengawas, dan segenap guru AGPAI. 

Pewarta: SH
Sumber: humas kemenag

No comments

Post a Comment

Don't Miss
Copyright © 2023 Angkara News